THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 18 Juli 2010

Anak Rimba

Tau Butet Manurung? Dia seorang yang menurut gue rimba banget. Kuliah di jurusan, yang menurut gue nggak ada hubungannya sama sekali sama rimba. Gue lupa sih, dia di jurusan apa waktu kuliah. Satu2nya jurusan yang ngena sama profesinya sekarang ya jurusan antropologi. Dia mendirikan sekolah2 bagi anak2 di pedalaman sana. Banyak pengalaman yg dia dapet. Mulai dari dikejar2 beruang, ngetawain sesame temannya yang jatoh di sungai. Sampe kelaperan, Cuma makan singkong. Sekolah rimba ini, udah tersebar di beberapa daerah. Dia ngga kerja ndiri. Seperti yg tadi gue bilang, dia punya temen2 yg ngebantuin dia juga. Butet mendirikan sekolah ini, namanya Sakola Rimba. Katanya, klo disuruh duduk di kantor berjam2, malah sakit dia. Udah biasa banget2sama alam bebas kan. Katanya, anak rimba tuh kacau. Mukanya pada ancur2. Klo dia bĂȘte/bosen/ jenuh, biasanya dia ngeliatin aja tuh muka anak2, ketawa lagi deh. Eh, jangan salah loh, biar muka ancur, otaknya encer2. Butet bilang, anak2 itu ngga mau belajar klo ngga ada gunanya. Jadi, sebelom dia ngajar suatu pelajaran, dia kasih tau dulu, itu gunanya apaan. Klo ngga, anaknya pd ngga mau belajar. Untuk bisa ngajar di luar negeri, jelas bhs inggris kudu bisa, tapi, klo di rimba, bahsa Indonesia aja, ngga bisa jadi patokan. Bhs pokoknya di sana, bhs rimba. Pernah suatu kali, si Butet, hampir dibunuh ibu2 gara2 dipikir selingkuh sama suami si ibu tsb, karena yg bisa bhs Melayu ya si Bapak tadi. Jadi, karena mungkin si Butetnya ngomong sma si bapak mulu, dan si ibunya juga ngga ngerti apa yg diomongi, jadi udh prasangka aja tuh dia.
Gue ngga nyangka aja, ya, mereka, anak2 rimba, yg kita selalu anggap terbelakang, yg mungkin dianggap lebih dari ndeso, karena mereka masih bener2 memegang tradisionalitas, ternyata cerdas juga. Mereka ngga asal nrimo aja, semua pelajaran yg dikasih Butet, tapi, nanya dulu, ini untuk apa? Apa gunanya itu? Klo ngga ada guna buat mereka, ya mereka ngga mau disuruh belajar. Selama ini, kita nganggap mereka polos, dan mungkin, (maaf) mudah ditipu.

Yg gue renungin (renungiiinnn ???) apa yg dimaksud nikmatnya hidup, mungkin kayak si Butet itu kali ya. bebas, lepas, ngga terikat sama peraturan. Peraturan mungkin tetep ada, dan di manapun, yg namanya peraturan pasti ada. Tapi mungkin ngga kayak di kota. Yang selalu buru2, dikejar tugas, waktu, dll. Di sana, di rimba mungkin lebih bebas, dan tetap teratur, karena mereka pasti jaga banget keseimbangan alam. Bebas dan… sehat. Sehat pastinya karena makan makanan dari alam. Ngga banyak minyak2an. Mungkin mereka sakit paling parah tuh TBC. Panas aja obatnya daun2an, yang ngga ngandung bahan kimia kayak obat2 antibiotik. Sehat juga karena banyak bergerak. Ngga Cuma duduk diem, dengerin orang ngomong, atau duduk dalam posisi yg sama dlm wkt berjam2 utk ngerjain tugas kantor.

0 komentar: